News

Tips Belajar di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi COVID-19

Home Learning atau Belajar di Rumah adalah salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Virus SARS-CoV-2 atau Corona COVID-19. Berada #dirumahaja menjadi langkah efektif untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Adanya Home Learning menimbulkan fenomena baru bagi orang tua dan peserta didik yang tidak terbiasa bahkan tidak siap dengan kondisi belajar jarak jauh. Banyak orang tua yang mengeluh sulitnya mengajari anak untuk belajar atau mengerjakan tugasnya di rumah. Sebab mereka harus bekerja sambil mengasuh sekaligus menjadi guru bagi anak-anaknya di rumah. Melihat fenomena tersebut, Gerakan Ayo Bercita-cita mencoba berbagi beberapa kiat yang dapat diaplikasikan orang tua kepada anak-anaknya yang harus belajar di rumah. Apa saja yang bisa dilakukan orang tua? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Pahamkan Anak Terkait Kondisi Saat Ini

Memberikan pemahaman kepada anak tentang apa yang sedang terjadi saat ini, meberikan penjelasan mengapa mereka harus belajar di rumah bahkan pemahaman tentang adanya COVID-19 sangat perlu diedukasi kepada anak-anak. Ajak anak-anak untuk berpikir dan memaknai kejadian di sekitarnya mengenai social distancing, home learning dsb. Pahamkan bahwa anak harus tetap belajar meski di rumah dan belajar di rumah merupakan salah satu bentuk pencegahan COVID-19

  • Membuat Kesepakatan Jadwal Belajar Bersama Anak

Hal yang juga bisa dilakukan orang tua adalah membuat jadwal belajar yang disepakati bersama anak. Susunlah jadwal belajar bersama anak agar anak merasa dilibatkan dan bertanggung jawab atas apa yang telah dia sepakati. Selain itu, membuat kesepakatan jadwal belajar bersama akan memunculkan rasa tanggung jawab kepada anak untuk tetap belajar saat di rumah.

  • Mendampingi Anak Belajar

Adanya Work from Home mau pun Home Learning memberikan dampak positif bagi keluarga yang mempunyai rutinitas padat di luar rumah. Dengan adanya kebijakan seperti ini banyak keluarga yang akhirnya berkumpul kembali bersama keluarganya. Begitu juga dengan para orang tua yang memiliki kesempatan untuk mendampingi anaknya belajar di rumah dan menjadi guru bagi anaknya. Mendampingin anak belajar di sela pekerjaan akan membuat anak semangat belajar di rumah, bagi mereka belajar di rumah pun bisa menyenangkan saat didampingi orang tuanya.

  • Melakukan Kegiatan Bersama Anak

Usahakan dalam mendampingin anak belajar di rumah, sebagai orang tua sangat perlu untuk melakukan kegiatan bersama anaknya. Misalkan setelah belajar bersama, mengerjakan tugas bersama, istirahat bersama, beribadah bersama, makan bersama dan kegiatan bersama lainnya yang dapat menimbulkan semangat belajar anak.

  • Memberikan Rewards

Memberikan rewards kepada anak setiap kali menyelesaikan tugas mau pun pencapaian dalam belajar, bisa menjadi salah satu cara orang tua untuk memberikan pengakuan kepada anaknya. Rewards akan memberikan perasaan senang kepada anak bahwa apa yang ia selesaikan dengan baik maka akan mendapat apresiasi dari orang tuanya. Rewards yang diberikan tidak harus dalam bentuk yang mahal atau sulit didapat saat berada #dirumahaja. Membuatkan makanan kesukaan dapat menjadi pilihan untuk memberikan rewards kepada anak.

  • Komunikasi dengan Guru

Meski belajar jarak jauh, komunikasi dengan guru atau wali kelas anak sangat perlu dilakukan orang tua. Hal ini untuk melaporkan perkembangan belajar anak kepada gurunya serta bisa berdiskusi terkait kendala-kendala dalam pembelajaran si anak. Berkomunikasi dengan guru tentu akan menambah lengkap informasi bagi orang tua dalam menjadi guru sementara bagi anaknya saat di rumah.

  • Perluas Pengetahuan Parenting

Selama pandemi COVID-19, intensitas bertemu antara orang tua dan anak menjadi sangat sering bahkan bisa dikatakan 24 jam orang tua dapat mengamati perkembangan belajar anaknya. Menjadi guru dadakan adalah fenomena baru bagi orang tua, bagaimana mereka harus menyeimbangkan antara bekerja, mengurus rumah tangga, ditambah menjadi guru bagi anak-anaknya. Kemapuan atau wawasan parenting sangat dibutuhkan orang tua saat ini. Dengan memperbanyak membaca tentang parenting, akan meminimalisir salah asuhan selama belajar jarak jauh serta dapat menyeimbangkan peran orang tua di rumah.

Leave a comment