News

SIMPATI VS EMPATI

Simpati dan Empati sebetulnya memiliki makna yang berbeda meskipun sama-sama berkaitan dengan perasaan. Keduanya sama-sama penting bagi manusia yang notabenenya adalah makhluk sosial. Dalam menjalin hubungan dengan manusia lainnya, maka setiap orang perlu memiliki rasa simpati dan empati. Namun masih banyak juga yang keliru dengan pemahaman kedua makna tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari Psyochology Today, simpati merupakan perasaan peduli pada seseorangg, seringkali pada orang terdekat, disertai dengan keinginan untuk melihatnya menjadi lebih baik. Sedangkan empati merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan berbagi emosi atau perasaan orang lain. Empati tidak hanya mengembangkan rasanya bersada di posisi orang yang dikasihani, namun turut ikut merasakan perasaan yang sedang orang tersebut alami.

Biasanya, perasaan simpati dapat dirasakan pada orang lain karena factor persamaan. Keadaan yang sama itu membuat orang merasa simpati dan memberikan motivasi untuk bangkit dari keterpurukannya. Berbeda dengan perasaan simpati, perasaan empati tidak perlu memiliki keadaan yang sama dengan orang tersebut, tetapi rasa empati itu muncul disertai keinginan untuk membantu. Jadi erbedaan mendasar pada simpati dan empati terletak pada adanya tindakan untuk meringankan penderitaan orang tersebut itu adalah empati. Jika hanya sebatas merasa kasihan tanpa adanya tindakan itu yang disebut dengan simapti.

Simpati dan empati merupakan dua hal yang berbeda sehingga menimbulkan tindakan yang berbeda pula. Berikut beberapa contoh tindakan simpati dan empati:

  1. Contoh tindakan simpati
  2. Mengucapkan berbela sungkawa kepada orang yang sedang berduka
  3. Mengucapkan selamat atas keberhasilan teman
  4. Menjenguk teman yang sakit
  5. Contoh tindakan empati
  6. Menghadiri pengajian tahlil orang yang sedang berduka
  7. Memberikan hadiah atas keberhasilan teman
  8. Mengumpulkan sumbangan untuk membantu pengobatan teman

Itulah perbedaan antara simpati dan empati yang sering membuat kebanyakan orang bingung. Jadi secara singkatnya empati memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari simpati, karena empati mengetahui dan merasakan penderitaan sehingga menimbulkan tindakan untuk membantu meringankan penderitaan sedangkan simpati hanya sebatas mengetahui penderitaannya saja. Tetapi dalam kehidupan sehari-hari, simpati dan empati tentu sangat penting untuk dimiliki oleh kita.

Leave a comment