News

SIKAP YANG HARUS DIKEMBANGKAN PADA REMAJA

Seringkali orangtua dan guru dibuat kesal dan kalangkabut oleh tingkah laku anak remaja atau siswa di sekolah, apalagi saat memasuki usia SLTP. Usia di mana anak mulai memasuki fase remaja awal (early adolescent) pada usia 12-15 tahun. Banyak kasus-kasus yang terjadi pada remaja baik di rumah, sekolah, bahkan di lingkungan pergaulan. Padahala seperti yang diketahui bahwa remaja merupakan generasi muda bangsa yang akan menghadapi tantangan abad 21 dan teknologi yang berkembang semakin pesat.

Oleh karena itu, memasuki usia remaja, mereka perlu memiliki sikap yang bisa mendukungnya untuk menghadapi tantangan tersebut. Berikut beberapa sikap yang perlu dikembangkan pada remaja:

  1. Tanggung jawab

Tangung jawab menjadi salah satu sikap utama yang harus dimiliki oleh setiap individu termasuk remaja. Sikap tersebut sangat berguna bagi remaja dalam menjalanakan kehidupan dan mengembangkan dirinya. Melalui sikap tanggung jawab ini remaja akan belajar untuk menerima akibat dari tindakan atau ucapan yang dilakukan. Maka sikap tanggung jawab ini sangat penting untuk dimiliki oleh anak remaja sehingga akan terbentuk remaja yang dapat dipercaya, berani mengakui kesalahan, dan berhati-hati dalam bertindak.

  • Jujur

Jujur merupakan salah satu sikap unggul yang dimiliki manusia yang bersumber dari hati Nurani. Sikap jujur juga merupakan bekal penting untuk mencapai kesuksesan. Sikap jujur di Kalangan remaja sendiri merupakan fenomena yang langka. Pasalnya untuk keluar dari siatuasi yang sulit remaja seringkali menghindari bersikap jujur. Misalnya, ketika ujian sekolah akan banyak ditemukan siswa yang memilih membuat contekan dari pada belajar dan mengisi ujian dengan jujur. Hal itu dilakukan karena remaja berpikir bahwa bersikap jujur itu suatu hal yang sulit. Inilah yang harus dibenahi dari mindset remaja kita. Apabila dibiarkan terus menerus maka akan menimbulkan efek negative pada remaja itu sendiri lebih luas kepada orangtua, guru, bahkan lingkungan sekitar.

  • Keberanian

Sikap ini berkaitan dengan nilai remaja dalam menghadapi tantangan hidup, berani mengambil keputusan, serta berani menanggung resiko atas pilihannya. Sehingga remaja memiliki keyakinan yang mendasar atas segala tindakan yang dilakukannya.

  • Mandiri

Sikap mandiri membuat remaha menjadi cukup bijak dan lebih kuat dalam mengambil keputusan sendiri. Pada fase ini, remaja sudah bisa mengatur kehidupannya sendiri dan tidak menyusahkan orang lain. Dengan bersikap mandiri, rasa percaya diri pada remaja juga akan tumbuh, bertanggung jawab, serta memiliki pemikiran yang kritis.

  • Kritis

Ketika remaja memiliki sikap yang kritis, mereka akan mampu melihat keadaan atau kehidupaan dengan segala kenyataan. Sehingga remaja tidak mudah terpengaruh dan atau mengikuti suatu hal tanpa disertai pemikiran yang kritis. Dengan bersikap kritis pula, remaja akan menyeleksi dan mempertimbangkan hal-hal yan harus diikuti atau ditinggalkan.

Leave a comment