News

SIKAP DAN DUKUNGAN ORANGTUA

Setiap orangtua menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Tidak ada orangtua yang tidak berdoa untuk keberhasilan anaknya di masa depan. Tapi sudahkah kita menunjukan peran  untuk mendukungnya? Orangtua memiliki peran penting dalam support system bagi anak.

Berbekal potensi, bakat, dan minat yang anak miliki, akan mendorong mereka untuk memiliki suatu cita-cita. Untuk itu, orangtua perlu memiliki sikap mendukung atas bertumbuh kembangnya cita-cita anak. Antarkan anak-anak kita ke gerbang cita-citanya dengan menunjukan sikap berikut ini:

  1. Tidak memaksakan cita-cita kepada anak

Apabila anak memiliki cita-cita sendiri, dukunglah cita-cita itu dan berikan kesempatan untuk menumbuhkan cita-cita tersebut.

  • Menemukenali bakat dan potensi anak

Bakat sudah terbawa sejak lahir dan diperoleh dari keturunan sebelumnya. Bakat merupakan potensi di dalam diri anak yang belum berkembang. Untuk mengenali bakat anak, orangtua perlu melakukan pengamatan anak tersebut berbakat di bidang apa.

  • Memahami cita-cita anak

Orangtua perlu untuk memahami cita-cita anaknya. Sehingga mengetahui apa saja yang dibutuhkan sang anak untuk mencapai cita-citanya. Hal ini tentu akan memudahkan orangtua dalam memilihkan skill atau kemampuan yang harus dimiliki anak untuk membantu mewujudkan cita-citanya.

  • Memfasilitasi kebutuhan cita-cita anak

Fasilitasi kebutuhan anak untuk mengembangkan potensi diri agar cita-cita tercapai secara optimal. Misalnya, jika anak ingin menjadi seorang musisi, maka orangtua perlu menyediakan alat-alat musik yang anak perlukan. Bila perlu anak diikutkan kelas musik.

  • Mengasah dan mengarahkan cita-cita anak

Orangtua dapat mendorong dan membimbing anak agar apa yang diinginkanya terwujud. Berikan dukungan, arahan, dan perangsangan agar bakat dan potensi yang dimiliki anak dapat berkembang. Ajak pula anak untuk mendoakan cita-citanya agar suatu saat menjadi kenyataan.

Itu dia beberapa sikap yang perlu diperhatikan orangtua dalam mendukung cita-cita anak. Semoga kita dapat menjadi orangtua yang bijak dan memahami keinginan sang anak.

Leave a comment