News

SD dan MI di Kecamatan Woja, Kabupaten Bima mengimplementasikan SMS Bercita-cita

WOJA-Sabtu (14/3) SD dan MI di Kecamatan Woja, Kabupaten Bima mengimplementasikan SMS (Sepuluh Menit Sepekan) Bercita-cita setiap satu pekan sekali.

Sejumlah sekolah di Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu mulai mengimplementasikan SMS Bercita-cita di kelas masing-masing setelah sebelumnya mendapatkan pelatiahan implementasi SMS Bercita-cita yang diadakan oleh Relawan Gerakan Ayo Bercita-cita di daerah tersebut. Kini, guru-guru mulai mencari pola dan waktu yang tepat untuk pengimplementasian SMS Bercita-cita di kelasnya. Sebagian guru ada yang mengimplementasikan di setiap akhir pekan ada juga di awal pekan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sekolah masing-masing.

SMS Bercita-cita menjadi aktivitas yang sama sekali baru bagi murid-murid SD dan MI di Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. Tidak hanya bagi murid, tetapi SMS Bercita-cita juga menjadi hal yang baru bagi guru-guru di sana. SMS Bercita-cita adalah aktivitas 10 menit untuk anak-anak mengekspresikan cita-cita mereka dalam bentuk  gambar kemudian menceritakan cita-citanya di depan kelas secara bergantian. Dalam implementasinya, aktivitas SMS Bercita-cita membutuhkan peran penting dari guru untuk mendampingi setipa muridnya memiliki cita-cita.

SMS Bercita-cita berhasil diterima oleh sebagain sekolah di Kecamatan Woja dan menjadi aktivitas yang disenangi oleh murid-murid di sana. Beberappa peserta didik mulai menyelesaikan gambar cita-cita mereka di pekan kedua implementasi SMS bercita-cita. Beragam cita-cita dan profesi berhasil digambarkan dengan baik, meski ada yang memiliki kesamaan cita-cita, tetapi gambar cita-cita yang dihasilkan tetap berbeda. Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) memiliki visi untuk anak Indonesia berani bercita-cita. Sejalan dengan visi tersebut, GAB mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya kalangan guru dan pendidik untuk memastikan dan mendampingi setiap anak Indonesia berani bercita-cita. Oleh karena itu, GAB menggalakkan SMS (Sepuluh Menit Sepekan) Berbagi Cita-cita untuk diterapkan tidak hanya di sekolah di Kecamatan Woja melainkan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia.

Leave a comment