News

Rekomendasi WHO selama #dirumahaja

Pemerintah Indonesia telah menganjurkan masyarakat Indonesia untuk tetap berada di rumah. Hal ini dilakukan untuk meredem penyebaran pandemi Corona COVID-19 atau Virus Corona. Sebagian besar masyarakat Indonesia telah memilih untuk berada di rumah saja selama dua pekan ke belakang. Anjuran untuk Work from Home tentu tidak semudah yang dibayangkan. Suasana di rumah jauh berbeda dengan suasana di kantor sehingga mempengaruhi produktivitas dan tingkat kefokusan terhadap pekerjaan. Selain menimbulkan rasa bosan karena jarang keluar rumah, tentu akan berpengaruh pula pada kebugaran tubuh karena jarang diajak bergerak.
Meski berada di rumah, menjaga kesehatan dan kebersihan sangat penting untuk terhindar dari paparan kuman dan virus yang dapat mengundang penyakit. Sehingga mencari aktivitas lain saat di rumah juga penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar.
Sebagaimana dilansir dari Instagram WHO (Worl Health Organization), melalui kampanye #BeActive dan #HealthatHome, WHO mengajak masyarakat dunia untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. WHO merekomendasikan untuk beraktivitas selama 30 menit untuk anak-anak dan 1 jam untuk orang dewasa. Lalu aktivitass apa saja yang direkomendasikan WHO untuk dilakukan di rumah?

  1. Mengikuti Kelas Olahraga Online
    Kita bisa mengikuti berbagai kelas olahraga online di berbagai media sosial dan Youtube. Cukup mengikuti instruksi yang tersedia dan kita tidak perlu untuk olahraga di luar rumah.
  2. Menari
    Selain olahraga, menari juga dapat menjadi aktivitas pilihan untuk tetap bergerak. Kita bisa menyetel alunan musik sebagai pengiring gerakan tarian.
  3. Bermain Video Game
    Pilihlah permainan yang tidak hanya membuat kita duduk tetapi dapat bergerak. Kita juga bisa membuat permainan sendiri bersama keluarga, seperti permainan tradisonal atau bermain bola di pekarang rumah.
  4. Lompat Tali/Skipping
    Bermain lompat tali bisa menjadi pilihan saat bermain bersama keluarga saat di rumah. Selain untuk olahraga mandiri, bermain lompat tali Bersama keluarga saat di rumah dapat menjadi hiburan.
  5. Latihan Kekuatan dan Keseimbangan Otot
    Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan dan keseimbangan otot tanpa harus keluar rumah. Bahkan bisa kita lakukan di sela sela istirahat saat bekerja. Misalnya melakukan squat, push up, sit up, latihan berdiri dengan satu kaki, latihan berjalan dengan beban di atas kepala dll.

Nah teman-teman, beberapa rekomendasi aktivitas olahraga di atas bisa kita coba bersama keluarga di rumah. Tetap sehat, tetap bugar dengan meski #dirumahaja dengan #BeActive dan #HealthatHome karena #dirumahkitaselamat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman!!!

Leave a comment