News

REKAN GAB lakukan pelatihan SMS Bercita-cita untuk SD dan MI di Lombok Tengah

LOMBOK-Kamis (12/03) Relawan Gerakan Ayo Bercita-cita (Rekan GAB) Lombok Tengah lakukan pelatihan SMS (Sepuluh Menit Sepekan) Bercita-cita untuk sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah-Nusa Tenggara Barat.

Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) adalah gerakan mengajak masyarakat berpartisipasi  mendampingi setiap anak Indonesia memiliki cita-cita dengan cara melakukan SMS (Sepuluh  Menit Sepekan) BERCITA-CITA di kelas  secara konsisten. SMS BERCITA-CITA adalah  waktu 10 menit untuk anak-anak Indonesia mengekspresikan cita-cita mereka dalam bentuk  gambar kemudian menceritakan cita-citanya di depan kelas secara bergantian

Setelah sebelumnya pelatihan SMS Bercita-cita sukses dilaksanakan di Kecamatan Praya- Lombok Tengah pada akhir Februari kemarin, Guru Syamsul Huda dan Guru Lalu Nurjiman sebagai Rekan GAB Lombok Tengah melaksanakan pelatihan SMS Bercita-cita untuk wilayah kedua yaitu di Kecamatan Batukliang-Lombok Tengah. Pelatihan ini dihadiri oleh 28 guru perwakilan dari 14 sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Batukliang.

Guru-guru peserta pelatihan merasa bersyukur mendapat kesempatan untuk  mengikuti pelatihan SMS Bercita-cita. Pelatihan ini adalah pengalaman baru bagi para guru-guru di sana terutama program SMS Bercita-cita yang akan diimplementasikan di kelasnya masing-masing. Semangat dan antusias guru-guru peserta pelatihan bertambah ketika sesi menggambarkan cita-cita kemudian diminta beberapa guru perwakilan untuk menceritakan cita-citanya.

Menariknya, dalam pelatihan kali ini banyak di antara guru peserta pelatihan yang cita-citanya tidak sesuai dengan realita. Rerata, apa yang menjadi pekerjaan saat ini (red.guru) tidak sesuai dengan cita-cita mereka ketika saat kecil dulu. Hal ini membawa guru-guru untuk mengenang kembali cita-citanya di masa kecil.

Jika aktivitas SMS Bercita-cita merupakan aktivitas yang menyenangkan bahkan ketika dilakukan oleh orang tua sekali pun, bagaimana dengan perasaan peserta didik kita ketika melakukan aktivitas tersebut? Tidak hanya sebagai aktivitas yang menyenangkan tetapi SMS Bercita-cita akan menjadi pendorong untuk setiap peserta didik membentuk tujuan hidupnya di masa depan mulai sejak dini.

Leave a comment