News

REKAN GAB lakukan pelatihan SMS Bercita-cita bagi guru-guru di Rupe – Bima

BIMA-Kamis (20/2) Relawan Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) Kabupaten Bima lakukan pelatihan SMS (Sepuluh Menit Sepekan ) BECITA-CITA kepada guru-guru di Desa Rupe, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima.

Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) adalah gerakan mengajak masyarakat berpartisipasi mendampingi setiap anak Indonesia memiliki cita-cita dengan cara melakukan SMS (Sepuluh Menit Sepekan) BERCITA-CITA di kelas  secara konsisten. SMS BERCITA-CITA adalah waktu sepuluh menit untuk anak-anak Indonesia mengekspresikan cita-cita mereka dalam bentuk gambar kemudian menceritakan cita-citanya di depan kelas secara bergantian.

Pelatihan Gerakan Ayo Bercita-cita di Desa Rupe, Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima mendapat perhatian khusus dari Murtada, S. Pd. selaku Ketua Kelompok Kerja Pengawas Kecamatan Langgudu. Murtada sangat mengapresiasi pelatihan ini, ia menuturkan bahwa kegiatan ini tidak asing tapi cara implememtasinya itu yang belum dipahami oleh guru-guru di Langgudu. “Saya bersyukur dengan adanya kegiatan seperti ini, bisa menyelamatkan peserta didik dalam menentukan impian mereka. Karena mengingat banyak yang terjadi akhir-akhir ini di Kecamatan Langgudu terhadap peserta didik seperti narkoba dan alkohol. Semoga kegiatan GAB ini bisa berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya” ujar Murtada.

Guru Rukmini dan Guru Rosmala sebagai Rekan GAB Nusa Tenggara Barat wilayah Kabupaten Bima menjadi fasilitator Pelatihan Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) yang dihadiri oleh 40 orang guru peserta pelatihan dari perwakilan massing-masing sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Langgudu. Pelatihan Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) juga dihadiri oleh masing-masing kepala sekolah dan madrasah.

Akses jalan yang terjal dan bebatuan menuju lokasi pelatihan tidak menyurutkan semangat Guru Rukmini dan Guru Rosmala untuk sampai di sana. Cuaca yang tidak menentu di musim penghujan ini membuat jalanan sulit dilalui pengendara bermotor karena banyaknya genangan air dan tanah licin. Terlebih lagi ketika cuaca hujan jalanan menjadi berkabut dan jarak pandang yang dekat membuat Guru Rukmini dan Guru Rosmala harus berhati-hati dalam mengendarai sepede motor mereka. Hingga mereka dapat tiba di lokasi pelatihan dengan aman dan pelatiahan GAB di Desa Rupe terselenggara dengan lancar dan sukses.

Tidak berbeda dengan pelatihan GAB di daerah lainnya pelatihan GAB di Kecamatan Langgudu juga dilakukan selama 4 (empat) jam yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama tentang Urgensi Anak Memiliki Cita-cita Sejak Dini dan sesi kedua tentang Implementasi SMS (Sepuluh Menit Sepekan) BERCITA-CITA. Di sesi kedua, guru-guru peserta pelatihan GAB dimintai untuk mengingat kembali cita-cita mereka di waktu kecil dan menggambarkan cita-citanya. Guru-guru sangat berantusias menggambarkan cita-cita mereka dalam selembar kesrtas HVS.

Setelah mengikuti serangkaian pelatihan GAB, guru-guru peserta pelatihan sangat bersemangat untuk mengimplementasikan SMS (Sepuluh Menit Sepekan) BERCITA-CITA. Bahkan mereka menginginkan pelatihan GAB dilaksanakan kembali untuk guru-guru di Kecamatan Langgudu. Setelah pelaksanaan pelatihan GAB, selama empat bulan kedepan Rekan GAB yakni Guru Rukmini dan Guru Rosmala akan memonitoring kegiatan GAB di sekolah-sekolah yang sudah mengimplementasikan SMS BERCITA-CITA di kelas.

Besar harapan dari langkah ini nantinya akan terbentuk guru-guru yang terus bersemangat melakukan perbaikan pendidikan dimulai di kelasnya. Tidak hanya itu, dari proses ini tumpuan harapan akan terbentuk komunitas Rekan GAB daerah yang nantinya akan mengajak guru-guru lainnya menjadi bagian dari GAB dan Menyemai Generasi Hebat Indonesia.

Leave a comment