News

PANCASILA SEBAGAI KARAKTER PENDORONG CITA-CITA ANAK BANGSA

Pancasila merupakan dasar negara yang juga dikenal sebagai ideologi negara. Pancasila sebagai ideologi negara berarti, Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernergara. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945, sehingga Pancasila menjadi hukum tertinggi yang ada di Indonesia.

Dalam aplikasi kehidupan sehari-hari, Pancasila akhirnya menjadi pandangan hidup masyarakat Indonesia. Makna Pancasila sebagai pandangan hidup ialah Pancasila menjadi identitas kepribadiian bangsa Indonesia dan setiap warga negara Indonesia harus mencerminkan nilai-nilai yang terkandung pada butir-butir Pancasila.

Makna Butir-butir Pancasila menjadi Identitas Kepribadian Bangsa

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila pertama ini mengartikan bahwa setiap warga negara Indonesia mempercayai dan bertaqwa Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua mengandung nilai suatu kesadaran sikap moral dan tingkah laku bahwa setiap manusia memiliki derata yang sama sehingga harus saling menyayangi satu sama lain.

  • Persatuan Indonesia

Sila ketiga mengajak kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia serta menempatkan persatuan, kesatuan, dan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan atau golongan agar terhindar dari perpecahan.

  • Kerakyaktan yang dipimpin oleh Khidmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila keempat ini mengajak kita untuk tidak memaksakan kehendak kepada orang lain dan menyelesaikan perkara perbedaan pendapat dengan cara bermusyawarah atau berdiskusi.

  • Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila kelima mengandung makna bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan keadilan lahir dan batin serta mengajak masyarakat untuk mengembangkan budi luhur dengan cara gotong royong dan selalu bersikap adil.

Kelima butir Pancasila ini jika diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara maka akan menjadi identitas dan karakter warga negara Indonesia. Apabila generasi bangsa Indonesia sudah mengenal dan mengamalkan butir-butir Pancasila sejak dini, tidak menutup kemungkinan akan menjadi karakter pendorong dalam mewujudkan cita-citanya. Karena, Karakter Pancasila yang terbangun mengoptimalkan empat kecerdasan dasar manusia yaitu, Spiritual Quotient (SQ), Intelligence Quotient (IQ), Advertisy Quotient (AQ), Emotional Qoutient (EQ).

Leave a comment