News

Kisah Sukses Chairul Tanjung

Chairul Tanjung, siapa yang tidak kenal dengan sosok karismatik putra kebanggaan Indonesia ini? Terkenal dengan julukan Si Anak Singkong, Chairul Tanjung menjadi salah satu tokoh inspiratif di Indonesia. Lalu siapakah sebenarnya Chairul Tanjung? Mungkin beberapa di anatara kita masih belum mengenal sosok Chairul Tanjung. Sebelum itu mari kita sedikit menghibur diri dan bermain dengan imajinasi kita!

Ada yang belum pernah ke Trans Studio Bandung? Atau Trans Studio Cibubur? Wahana permainan berkelas internasional ini tentunya tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia kelas menengah ke atas. Atau mungkin kita pernah berbelanja di Transmart? Menonton televisi favorit Trans TV dan Trans 7? Pernah melihat iklan salah satu Bank terbesar di Indonesia seperti Bank Mega? Bagaimana jika semua perusahaan itu adalah milik kita? Ya, milik anda. Mungkin saja anda akan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Apakah anda memiliki mental untuk menjadi orang terkaya di Indonesia? Selamat! Bisa saja anda menjadi sosok Chairul Tanjung.

Kesuksesan hidup adalah perjalanan manusia dalam mewujudkan setiap mimpi-mimpinya. Tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan mudah, akan ada banyak tantangan, hambatan, atau bahkan kegagalan yang siap menggulingkan orang sukses kapan saja. Begitu juga dengan perjalanan sukses seorang Chairul Tanjung.

Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962, Chairul dilahirkan dalam keluarga yang cukup berada. Ayahnya berprofesi sebagai seorang wartawan sebelum pada masa pemerintahan orde baru perusahaan ayahnya ditutup karena tidak sejalan dengan pemerintahan saat itu. Ayah Chairul adalah sosok ayah yang tegas untuk pendidikan anak-anaknya. Chairul Tanjung disekolahkan di SMA Boedi Oetomo pada tahun 1981  kemudian melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Kedokteran Gigi, di Universitas Indonesia. Semasa kuliah Chairul dikenal sebagai mahasiswa teladan dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985.

Latar belakang pendidikan Chairul bukan ekonomi atau enterpreneur, namun jiwa bisnis Chairul muncul ketika masa kuliah di mana tingginya biaya kuliah saat itu. Dan untuk menutupi biaya kuliahnya Chairul mencoba beberapa usaha ketika ia masih duduk di bangku kuliah. Di antaranya Cahirul membuka usaha fotocopy di dekat kampusnya, menjua baju, hingga menjual buku-buku kuliah. Hingga sampai lulus kuliah Cahirul tetap menjalankan usahanya tersebut.

Setelah lulus kuliah Chairul mencoba peruntungan baru dengan mendirikan usaha toko peralatan medis dan laboratorium. Sayangnya Chairul harus mengalami kegagalan pertamanya. Kebangkrutan yang dialami Chairul tidak lantas membuatnya menyerah, ia mencoba merintis usaha baru di bidang kontraktor. Usaha di bidang kontraktornya saat itu mengalami kemajuan dan berhasil mengerjakan beberapa proyek industri.

Pada tahun 1987 Chairul Tanjung bersama beberapa temannya membangun sebuah perusahaan yaitu PT. Pariarti Shindutama. Bisnis yang mereka garap bersama mengalami kemajuan dan bahkan kerap menangani beberapa jenis ekspor. Di saat perusahaan yang dibangun bersama temannya mengalamai kemajuan, Chairul Tanjung mundur karena memiliki sudut pandangn yang berbeda dengan rekan bisnisnya dan ia memilih untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Dengan kejeniusannya Chairul Tanjung membidik usaha barunya di tiga bidang bisnis diantaranya adalah bisnis di bidang properti, keuangan, dan multi media. Lalu tidak lama kemudian mendirikan perusahaan Para Group. Para group berhasil mendirikan Bandung Super Mall yang pada waktu itu sukses menghabiskan dana hingga 99 milyar serta berhasil membeli 40% saham Carrefour melalui perusahaannya Trans Corp, MOU pembelian saham Carrefour ini ditandatangani pada tanggal 12 Maret 2010 oleh Chairul di Perancis,

Kesuksesan adalah hal yang membutuhkan banyak perjuangan, tidak hanya itu sukses menuntut si pemiliknya untuk mempunyai jiwa enterpreneur. Cerdas menangkap kesempatan dan bisa menjadikan kesempatan itu sebagai ladang kesuksesannya. Itulah sepenggal Kisah Inspiratif” dari sosok Bapak Chairul Tanjung yang sangat menginspirasi dan memotivasi kita bahwa ada saja jalan untuk orang menuju kesuksesannya. Apakah anda siap untuk menjadi Chairul Tanjung selanjutnya? Bersiaplah dan persiapkan dari sekarang! Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a comment