News

Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Pelakansaan Kegiatan Gerakan Ayo Bercita-Cita (GAB) pulau Sumbawa Penuh Warna dan Inspirasi

Telah berlangsung Monitoring dan Evaluasi (Monev) Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) pada Sabtu, 25 September 2021 oleh Koordinator Wilayah GAB pulau Sumbawa yakni, M. Fauzi Muhajir didampingi oleh Rekan GAB yakni, Abdurrahman, S.Pd., M.SI di SMA Negeri 1 Moyo Utara, SMA Negeri 1 Sumbawa Besar, dan SMA Negeri 4 Sumbawa Besar. Ketiga sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah penerima manfaat Pelatihan Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) untuk meningkatkan kompetensi guru Pembina yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Sebagai tindak lanjut atas pelatihan tersebut, maka diadakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan GAB di masing-masing sekolah. Monitoring dan evaluasi dibutuhkan untuk mengetahui perkemabangan dan efektivitas penerapan program GAB di sekolah sebagai sekolah percontohan.

Koordinator Wilayah GAB, M. Fauzi Muhajir menuturkan bahwa, betapa cita-cita itu tidak ada batasnya dan cita-cita bukan sebatas ingin jadi apa. Menggambarkan cita-cita adalah membuat peta jalan (roadmap) bagaimana cita-cita itu menjadi sangat dekat dalam proses aktualisasi dalam kehidupan sehari-hari. Kedepannya kita akan berhadapan dengan generasi yang tidak sekedar ingin jadi apa, tapi iya mampu bertanggungjawab dengan setiap pilihannya tersebut

Dari sini diharapkan muncul generasi yang penuh motivasi hidup sehingga mendorong peningkatan angka partisipasi sekolah (rata-rata lama sekolah) sekaligus menekan angka putus sekolah, menekan angka kriminalitas dan segala bentuk penyalah gunaan narkoba serta prilaku menyimpang lainnya.

Dengan adanya monitoring dan evaluasi (Monev) yang dilakukan ini dapat menjadi prototype sekolah GAB untuk mengetahui apakah program Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) berjalan sesuai dengan kebutuhan yang telah direncakanan atau tidak. Sehingga pengembangan program dapat mengetahui kekurangan dan kesalahan sebagai perbaikan untuk kedepannya.

Leave a comment