News

Kegiatan Belajar COVID-19 melalui Berliterasi

            Dunia saat ini tengah dikejutkan dengan adanya wabah COVID-19 yang disebabkan oleh virus yang bernama corona. Jutaan masyarakat dari berbagai negara termasuk Indonesia telah terpapar oleh virus ini. Hingga pada tanggal 11 Maret 2020 WHO (World Health Organization) menetapkan wabah ini sebagai pandemi global.

            Rumitnya penangan wabah ini membuat pemerintah dari berbagai negara menerapkan kebijakan yang mendadak dan super ketat untuk mencegah penularan COVID-19. Dalam waktu empat bulan sejak kemunculan pertama kalinya di kota Wuhan, Tiongkok, coronavirus berhasil merumahkan seluruh aktivitas masyarakat dunia. Negara-negara di dunia menerapkan social distancing yang membatasi interaksi sosial demi memutus mata rantai penyebaran coronavirus. Di kota-kota besar di Indonesia sendiri telah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tentu kebijakan ini menjadi pilihan berat karena berdampak negative bagi aspek kehidupan lainnya. Banyak perusahaan-perusahaan yang akhirnya merumahkan karyawannya sampai waktu yang tidak ditentukan.

            Berbicara mengenai coronavirus tentu akan banyak informasi yang kita dapatkan karena setiap hari baik di televisi, media cetak atau media online lainnya selalu memberikan berita terupdate tentang perkembangan wabah ini. Guru dapat memanfaatkan media informasi ini untuk meningkatkan literasi peserta didik terkait adanya wabah COVID-19. Mintalah peserta didik untuk mencari infromasi terkini mengenai perkembangan penangan coronavirus di Indonesia dan dampak adanya virus ini terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh peserta didik adalah:

  1. Membuat mading (Majalah Dinding) informasi coronavirus

Majalah dindin adalah salah satu jenis media komunikasi massa tertulis paling sederhana. Disebut majalah dinding karena dominannya prinsip dasar majalah di dalamnya sementara itu penyajiannya biasanya ditempelkan pada dinding atau sejenisnya. Untuk membuat mading informasi coronavirus, terlebih dahulu peserta didik mencari informasi dengan mebaca baik media cetak atau pun online. Kemudian mengumpulkan inforamasi yang didapat untuk ditempelkan dalam mading. Dengan membaca dan menyajikan Kembali informasi maka peserta didik telah melatih kemampuan berliterasinya.

  • Poster edukasi penyebaran COVID-19

Membuat poster edukasi perihal penyebaran COVID-19 dapat menjadi pilihan untuk peserta didik melatih kemampuan literasinya dalam menangkap informasi mengenai coronavirus. Peserta didik akan menyampaikan kembali informasi yang didapat dalam bentuk visualisasi gambar. Selain menumbuhkan berliterasi pada peserta didik, membuat poster edukasi juga dapat melatih kreativitasnya karena ia harus menyajikan informasi yang di dapat dalam bentuk gambar.

  • Video pencegahan COVID-19

Ketika kita ingin menyampaikan suatu informasi tentu kita harus membaca referensi terlebih dahulu. Begitu juga dengan peserta didik saat mereka mendapat tugas untuk menjelaskan tentang pencegahan COVID-19 dalam bentuk video.Dalam pembuatan video ini peserta didik dapat berkolaborasi bersama orangtuanya.

            Itulah beberapa ide pembelajaran sederhana yang dapat guru lakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didiknya.

Leave a comment