News

GAB lakukan pembekalan program SMS Bercita-cita di Bogor, Dompu, dan Lombok Tengah

JAKARTA-Sabtu (29/2) Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) melakukan pembekalan Program SMS (Sepuluh Menit Sepekan) BERCITA-CITA serentak di tiga kabupaten di Indonesia yakni, di Kabupaten Bogor, Dompu, dan Lombok Tengah.

SMS (Sepuluh Menit Sepekan) BERCITA-CITA merupakan program utama Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) bagi siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Yakni dengan menyisihkan waktu 10 menit setiap pekan di kelas secara rutin, khusus untuk bercita-cita. Itu yang akan membuat para siswa punya pondasi kuat menjadi generasi hebat.  Tak terjerat masalah saat remaja, serta mudah meraih sukses masing-masing kelak.  

Mengingat pentingnya pesan yang ingin diampaikan oleh GAB ini maka, GAB bersama guru-guru Relawan Gerakan (Rekan) GAB terus menjangkau dan mengajak guru lainnya untuk menjadi bagian dari gerakan ini. Langkah ini merupakan langkah konkrit yang dapat digunakan untuk meminimalisir anak-anak Indonesia tergelincir dalam permasalahan saat remaja. Karena cita-cita akan menjadi tameng dan perlindungan diri dari pergolakan di masa remaja yang dalam bahasa psikologi disebut fase storming. Meangapa demikian? Karena pada fase usia 12-22 tahun, anak tengah berkembang psikis dan biologisnya. Oleh karena itu anak remaja cenderung labil dalam proses pencarian jati diri mereka. Tetapi jika mereka telah ditanamkan cita-cita sejak dini, mereka sudah memiliki banyak profile tentang cita-cita dan tujuan hidup yang akan menuntun mereka.

Terbukti dengan semakin banyaknya guru-guru di Indonesia yang tergerak mengikuti pelatihan Gerakan Ayo Bercita-cita. Menandakan bahwa, kita memiliki visi yang sama yaitu untuk mengantarkan anak-anak Indonesia menuju suksesnya masing-masing. Sehingga Program SMS BERCITA-CITA yang dirancang oleh GAB mendapat respon positif dari Dinas dan Stakeholder yang ada di daerah. Dalam program SMS BERCITA-CITA terdapat tahap anak menggambarkan cita-cita mereka, ini akan berdampak pada visualisasi anak tentang cita-citanya. Tahap selanjutnya anak menceritakan cita-citanya, yang akan menyempurnakan visulaisasi cita-cita mereka dengan cerita.

Pelatihan program SMS BERCITA-CITA di Kecamatan Bojong Gede dihadiri oleh 36 guru perwakilan dari 10 sekolah. Hadir pula Ketua Gugus 1, Kepala Sekolah, dan Pengawas Kecamatan Bojong Gede. Di Kabupaten Dompu terdapat 2 (dua) titik pelatihan sekaligus yakni di Kecamatan Woja yang dihadiri oleh 30 guru dan Kepala UPT Kecamatan Woja beserta staff. Kemudian di Kecamatan Dompu sebanyak 34 guru dan UPTD Dikpora Kecamatan Dompu menghadiri pelatihan yang diselenggarakan oleh Rekan GAB Kabupaten Dompu. Sedangkan di Lombok Tengah pelatihan dihadiri oleh 28 guru dari perwakilan sekolah dasar sederajat. Dari keempat pelatihan yang terselenggara, seluruhnya mendapat respon yang positif baik dari guru, kepala sekolah, maupun pihak dinas.

Guru Suhufi Ramadhan, Guru Rusmaeni, dan Guru Muhasir merupakan guru Rekan GAB Kabupaten Dompu. Guru M. Herman Yadi dan Guru Andriyatno merupakan guru Rekan GAB Lombok Tengah. Mereka adalah fasilitator dan trainer GAB di daerah yang juga nantinya setelah pelatihan ini akan memonitoring sekolah-sekolah dampingan GAB. Harapannya akan bermunculan guru-guru di daerah lainnya yang bersedia menjadi Rekan GAB daerah.

Leave a comment