News

GAB galakkan program SMS di SSC

CIBINONG-Rabu (5/2) SD Smart Cibinong (SSC) mulai menggalakan SMS (10 Menit Sepekan) Berbagi Cita-cita kepada peserta didiknya untuk semua jenjang kelas setiap hari Rabu sebelum memulai mata pelajaran.

Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi mendampingi setiap anak Indonesia memiliki cita-cita dengan cara meluangkan waktu 10 menit untuk KELAS BERBAGI CITA-CITA diakhir pelajaran setiap akhir pekan secara konsisten. Di mana lapisan masyarakat yang memiliki peran penting dalam Gerakan ini adalah guru-guru. Oleh karena itu untuk mewujudkannya, GAB bersinergi bersama guru-guru di Indonesia untuk menjadi bagian dari ikhtiar ini. Salah satunya dengan guru-guru SD Smart Cibinong yang telah menjadi bagian dari ikhtiar GAB ini.

Pagi itu bel berbunyi menggiring peserta didik SD Smart Cibinong masuk berbondong ke kelasnya masing-masing. Ada yang berlarian, berjalan santai, ada pula yang saling berdesakan dengan teman-temannya sambil bercanda ria. Guru kelas mulai masuk ke kelas masing-masing dan menginstruksikan untuk tertib, berdo’a dan mengarahkan peserta didiknya untuk melanjutkan kegiatan Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) untuk menggambar cita-cita masing-masing. Kelas menjadi bising ketika banyak anak yang bertanya apakah gambar cita-citanya boleh diganti? Bolehkah menggambar profesi ini dan itu? Bolehkah sama dengan teman sebangku? Dan beragam macam pertanyaan lainnya.

Kegiatan KELAS BERBAGI CITA-CITA di SD Smart Cibinong ini merupakan kegiatan pekan kedua di mana peserta didik masih dalam proses menggambarkan cita-cita mereka. Ada pula yang telah selesai menggambarnya tinggal mewarnai saja bahkan ada telah selesai baik menggambar dan mewarnainya. Dalam waktu 10 menit peserta didik mengekspresikan cita-cita mereka dalam bentuk gambar berbagai profesi dan keinginan mereka. Ruang kelas saat itu terasa seperti kelas profesi expo tentunya dengan gambar-gambar yang unik. Di kelas tiga Calista mendapat kesempatan pertama untuk menceritakan cita-citanya. “Aku ingin menjadi guru yang baik”ucap Calista meski masih terlihat malu-malu saat maju bercerita di depan kelas. Alasan ia ingin menjadi seorang guru adalah untuk membahagiakan kedua orang tuanya.

Beberapa peserta didik SD Smart Cibinong ketika ditanya apakah mereka menyukai kegiatan KELAS BERBAGI CITA-CITA ini, rerata mereka menjawab menyukai aktivitas menggambar cita-cita mereka. “Tapi yang sulit itu bagian mempresentasikan cita-citanya kak” ujar Anjar siswa kelas 4 ketika ditanyai perihal KELAS BERBAGI CITA-CITA.

Dari jenjang kelas rendah hingga kelas tinggi SD Smart Cibinong ditemui beragam cita-cita peserta didik mulai dari profesi dunia kesehatan, pendidikan hingga profesi millennial saat ini seperti youtuber. Mereka mampu memvisualisasikan cita-cita mereka dengan gambar yang menarik dan unik. Hampir tidak ditemui gambar dengan visualisasi yang sama meski pun cita-cita mereka ada yang sama.

“Cita-cita aku ingin kuliah Strata 3 di Universitas Guna Dharma” kata Duta dengan menunjukan cita-cita yang baru selesai digambarnya yang berisikan gambar laki-laki memakai jas lengkap dengan toga dan gedung bertuliskan Universitas Guna Dharma. Menariknya, kegiatan KELAS BERBAGI CITA-CITA di SD Smart Cibinong

Besar harapan kegiatan SMS (10 Menit Sepekan) KELAS BERBAGI CITA-CITA dapat konsisten dilakukan tidak hanya di SD Smart Cibinong saja melainkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) mengajak seluruh guru-guru Indonesia untuk bersinergi bersama mendampingi anak-anak Indonesia berani bercita-cita dan menyemai generasi hebat Indonesia.

Leave a comment