News

649 Siswa SD Al Syukro ikuti kegiatan SMS Berbagi Cita-cita

CIPUTAT-Jum’at (7/2) 649 peserta didik Sekolah Dasar Al Syukro Universal Ciputat  mengisi mata pelajaran tematik dengan kegiatan SMS (10 Menit Sepekan) BERBAGI CITA-CITA setiap hari jum’at.

Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) memiliki visi untuk anak Indonesia berani bercita-cita. Sejalan dengan visi tersebut, GAB mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya kalangan guru dan pendidik untuk memastikan dan mendampingi setiap anak Indonesia berani bercita-cita. Mengapa haru bercita-cita? Menurut Zaim Uchrowi pegiat Yayasan Karakter Pancasila, memiliki cita-cita artinya memiliki tujuan hidup dan akan membuat hidup si pemilik cita-cita terarah. Sebaliknya jika tidak memiliki cita-cita maka tidak memiliki tujuan hidup sehingga potensi bermasalahnya menjadi besar.

Oleh karena itu, GAB menggalakkan SMS (10 Menit Sepekan) BERBAGI CITA-CITA untuk diterapkan di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) secara konsisten. SMS BERBAGI CITA-CITA dapat menjadi kegiatan rutin yang dilakukan untuk peserta didik mengenali dan menggali cita-cita mereka sejak dini. Dalam menjalankan kegiatan SMS BERBAGI CITA-CITA dibutuhkan peran guru sebagai pendamping sekaligus memonitoring setiap peserta didiknya memiliki cita-cita.

Seperti yang sudah diterapkan di SD Al Syukro Universal Ciputat, SMS BERBAGI CITA-CITA mendapat sambutan yang positif dari wali murid peserta didik yang ingin mengetahui perkembangan anaknya di sekolah. Tidak hanya itu, melalui SMS BERBAGI CITA-CITA yang dilakukan setiap pekan memotivasi peserta didik di SD Al Syukro untuk mewujudkan cita-cita mereka, karena setiap peserta didik yang selesai menceritakan cita-citanya, guru kelas akan menanyakan hal-hal apa saja yang harus dan sudah dilakukan peserta didik untuk mewujudkan cita-cita mereka.

Kegiatan SMS BERBAGI CITA-CITA di SD Al Syukro sudah memasuki pekan ke empat sejak diterapkannya GAB di sekolah. Artinya sebagian besar peserta didiknya sudah menyelesaikan gambar cita-citanya masing-masing. Meski pun masih ada beberapa peserta didik yang belum menyelesaikan atau bahkan mengganti gambar cita-citanya. Setiap pekannya, tiga sampai 5 peserta didik dapat menceritakan cita-cita mereka secara bergantian di depan kelas dengan dipandu oleh guru kelas. Urutan berbagi cita-cita ini ada yang berdasarkan hasil kocokan secara acak oleh gurunya, ada yang berdasarkan kesukarelaan peserta didiknya maju ke depan, ada juga yang berdasarkan absen kelas.

SMS BERBAGI CITA-CITA selain memberikan kesempatan kepada peserta didik SD Al Syukro untuk menuangkan dalam bentuk gambar apa yang ada dalam pikiran mereka tentang cita-cita atau pun keinginan mereka yang harus dicapai, melalui kegiatan SMS BERBAGI CITA-CITA juga kemampuan motorik, literasi, dan public speaking peserta didik dapat terlatih untuk tampil di depan  kelas. Dari beberapa peserta didik yang ditanyai tentang cita-citanya, mereka merasa senang bisa menggambar cita-cita, berbagi dan didengarkan oleh guru beserta teman-temannnya. Meski pun masih ada beberapa anak yang malu-malu ketika maju ke depan kelas untuk menceritakan cita-citanya, guru-guru SD Al Syukro tetap memberi motivasi dan apresiasi kepada peserta didiknya yang sudah berani berbagi cita-citanya di depan kelas.

Harapan besar, SMS BERBAGI CITA-CITA ini akan menjadi Gerakan nasional yang diterapkan di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang ada di Indonesia. Oleh karenanya, langkah Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) ini membutuhkan kerja sama dari seluruh pihak terkait. Kesannya gerakan ini terlihat sederhana namun besar harapan gerakan ini akan menjadi embrio lahirnya generasi-generasi hebat harapan bangsa.

Leave a comment